1. Arsitektur
Komputer
Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan
dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer.Arsitektur komputer
ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian
perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Peralatan input
Perangkat input adalah perangkat yang dapat
memasukan data dan perintah kepada komputer untuk kebutuhan lebih lanjut. Input
juga dibagi dua yaitu input sinyal dan maintenance. Input sinyal adalah data
atau program yang dimasukan ke dalam sistem komputer. Sedangkan maintenance
adalah program yang digunakan untuk mengolah data input sinyal. Contoh-contoh
perangkat input adalah :
Keyboard,Mouse,Microfon,Joystick,Trackball,Svanner,Kamera,Digitzer
Pemrosesan pusat dan penyimpanan sekunder
Alat pemrosesan computer adalah alat di mana
instruksi – instruksi program di peruses untuk mengolah data yang sudah di
masukan lewat alat input dan hasilnya akan di tampilkan di alat output . Alat
pemroses terdiri dari central processor atau CPU dan main memory.
– Mesin pemroses lebih dikenal dengan CPU,
mikroprosesor atau prosesor. Prosesor adalah komponen yang berupa chip. Chip
adalah sekeping silicon berukuran bebrapa millimeter persegi yang mengandung
puluhan ribu transistor dan komponen elektronik yang lain.
– Bentuk Penyimpanan Sekunder :
RAM (Random Access Memory), jenis penyimpanan
primer yang mudah hilang (volatile) karena data akan hilang jika listrik padam.
ROM (Read Only Memory), jenis penyimpanan
sekunder yang bersifat non-volatile karena data disimpan secara permanent dan
jika listrik padam data tidak akan hilang.
Cache Memory, merupakan RAM khusus yang bekerja
sangat cepat dan digunakan untuk membantu RAM biasa dalam proses data.
Peralatan output
Peralatan Output Adalah perangkat keras komputer
yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data.
Peralatan output dibagi menjadi dua, yaitu :
Softcopy device, terdiri dari dua jenis :
Monitor : CRT dan Layar Datar (LCD, EL, Plasma)
Audio : speaker
Infokus : menampilkan gambar/visual hasil
pemrosesan data. Hanya saja, infocus memerlukan obyek lain sebagai media
penerima pancaran singnal-signal gambar yang dipancarkan
Hardcopy device, terdiri dari :
Printer : Impact, Thermal, Inkjet, Laser,
Multifungsi
Plotter : Pena, Electrostatis, Thermal,
Pemotong, Format Le bar
Computer Output Microfilm (COM)
2. Software
Software secara umum dapat diartikan sebagai
sekumpulan data-data elektronik yang tersimpan dan diatur oleh komputer yang
berupa program atau instruksi untuk menjalankan dan mengeksekusi suatu
perintah.
System operasi
Adalah perangkat lunak yang melaksanakan
tuga-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pemakai computer. Sistem
Operasi, berfungsi sebagai interface antara pemakai, perangkat lunak yang
memproses data perusahaan dan perangkat keras. Contoh : Windows XP, DOS, UNIX
Ada enam fungsi dasar sistem operasi :
·
Menjadwalkan Tugas
·
Mengelola sumber daya perangkat keras dan perangkat lunak
·
Menjaga keamanan system
·
Memungkinkan pembagian sumber daya untuk beberapa pemakai
·
Menangani Interrupt
·
Menyiapkan catatan pemakaian
Aplikasi Software
Aplikasi perangkat lunak (bahasa Inggris:
software application) adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang
memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang
diinginkan pengguna.
3. Peranan
Peralatan Input Dan Output Serta Software Dalam Pemecahan Masalah
Keseluruhan komponen perangkat input, output dan
software dapat berperan langsung maupun tidak langsung dalam pemecahan masalah.
Semuanya saling behubungan dan mendukung kegiatan satu dengan yang lainnya.
Perangkat input dan output berperan dalam proses penyelesaian masalah dalam hal
perangkat keras, sedangkan perangkat lunak, baik sistem maupun aplikasi
membantu para manajer untuk meningkatkan produktivitas organisasi dan
perorangan, dengan menyederhanakan penciptaan dan transmisi data.
Sumber :
https://ajengrahmap.wordpress.com/2012/11/02/5-dasar-dasar-pemrosesan-komputer/
Komentar
Posting Komentar