Langsung ke konten utama

E-Business

E-Business
Mengenal Apa itu E-Business dan E-Commerce | Sistem Informasi dan ...

Pengertian E-Business

Pengertian E-Business (Electronic Business) merupakan suatu kegiatan transaksi, jual-beli, bisnis yang dilakukan dengan melalui perangkat elektronik atau juga dengan internet sehingga perusahaan itu dapat langsung berinteraksi dengan costumer, supplier ataupun juga rekan bisnis. Atau secara lebih singkat dapat diartikan e-business merupakan penggunaan Teknologi Informasi serta juga Komunikasi untuk menjalankan sekaligus mengelola bisnisnya sehingga bisa memperoleh keuntungan. Teknologi Informasi serta juga Komunikasi pada e-business ini digunakan dalam meningkatkan bisnis perusahaan yang mencangkup semua aspek yang berorientasi pada profit ataupun juga nonprofit suatu perusahaan.
E-business ini dapat dikatakan juga sebagai iklan supaya para konsumen ini bisa membeli produk-produk perusahaan. Sehingga e-business ini akan sangat berguna bagi e-commerce, disebabkan karena fungsi dari e-business merupakan untuk mendukung bagian-bagian pada perusahaan seperti misalnya bagian produksi, finance, marketing dll. Jadi perusahaan juga akan menggunakan Teknologi Informasi serta juga Komunikasi untuk menjalankan sekaligus mengelola bisnisnya sehingga bisa mendapatkan keuntungan.

Strategi e-business pada perusahaan
Dibawah ini merupakan konsep atau strategi yang dilakukan perusahaan didalam menjalankan e-business dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, yang diantaranya yakni sebagai berikut:
  • ERP (Enterprise Resource Planning)
Merupakan suatu strategi bisnis dari sistem informasi perusahaan yang bisa digunakan untuk berkoordinasi mengenai sumber daya serta juga informasi yang digunakan untuk proses dalam berbisnis.

  • EAI (Enterprise Application Programs)
Merupakan suatu strategi bisnis menganai konsep integrasi dari proses bisnis yang memungkinkan antar perusahaan itu untuk dapat bertukar informasi.

  • CRM (Customer Relationship Management)
Merupakan suatu strategi bisnis dari layanan dan perangkat lunak (softwere) yang di desain untuk bisa meningkatkan keuntungan serta juga kepuasan para konsumen.

  • SCM (Supply Chain Management)
Merupakan suatu strategi manajemen mengenai rantai suplai yang dengan secara otomatis akan terkomputerisasi.

Bentuk Hubungan Bisnis e-business
Terdapat lima kemungkinan dari bentuk hubungan bisnis itu dengan berdasarkan transaksinya, yakni :
  1. Business to Business (perdagangan antar pelaku usaha bisnis)
  2. Business to Consumer (perdagangan antar pelaku usaha bisnis itu dengan konsumen)
  3. Consumer to Consumer (perdagangan antar konsumen yang satu (1) dengan konsumen yang lain)
  4. Consumer to Business (perdagangan antar konsumen dengan pelaku bisnis atau juga perusahaan)
  5. Intrabusiness e-business (perdangan dalam lingkup intranet perusahaan yang melibatkan pertukaran barang, jasa, serta informasi)

Manfaat juga Kegunaan e-business
Manfaat dan juga kegunaan dari e-business diantaranya adalah untuk :

  • Pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi
  • Efisien serta Efektif
  • Peningkatan produktivitas dan keutungan
Keuntungan yang bisa di dapatkan dari e-business
Dibawah ini merupakan keuntungan yang bisa di dapatkan dari e-business, diantaranya yakni seperti berikut:
  • Memperluas pasar, dengan menggunakan e-business perusahaan atau juga pembisnis akan dapat memperluas pasarnya sehingga bisa memasuki pasar nasional atau bahkan internasional, sehingga pembisnis itu dapat menjangkau banyak pelanggan itu dimanapun ia berada.
  • Menekan biaya telekomunikasi serta juga waktu transaksi dan juga penerimaan produk.
  • Konsumen ini dapat melihat barang, spesifikasi serta informasi lainnya dengan melalui internet sehingga tidak perlu repot-repot untuk harus mendatangi penjual.
  • Meningkatkan citra yang baik di mata para konsumen, tentunya hal tersebut apabila dengan pelayanan yang baik juga, sebab dengan media internet informasi itu biusa dapat dengan cepat tersebar. Dan masih banyak lagi keuntungan yang lainnya.

Sumber:

Komentar